Hubungan Durasi Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Anak Usia Prasekolah
Abstract
Di Indonesia lebih dari 50% pengguna gadget berumur dibawah 25 tahun. Dewasa ataupun lanjut usia berumur 25 tahun keatas 32%, remaja berumur 12 sampai 21 tahun 25%, anak-anak berumur 7 sampai 11 tahun 17%, dan pada usia 3 sampai 6 tahun sekitar 9% yang seharusnya anak belum layak untuk menggunakan gadget. Periode pada perkembangan anak yang sangat sensitive adalah disaat anak berusia 1-5 tahun. Gadget pada saat ini digunakan juga oleh anak usia 3-6 tahun sekitar 9% yang seharusnya anak belum layak untuk menggunakan gadget. Durasi dalam menggunakan gadget pada anak hanya boleh berada di depan layar <1jam setiap harinya. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa hubungan antara durasi penggunaan gadget dengan perkembangan anak usia prasekolah. Penelitian ini menggunakan desain penelitian analitik dengan pendekatan cross-sectional. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik accidental sampling dengan populasi sebanyak 53 dan sampel menggunakan total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer dengan penyebaran kuesioner. Hasil penelitian didapatkan nilai p value = 0,003 dan OR = 9,091 yang berarti terdapat hubungan antara durasi penggunaan gadget dengan perkembangan anak usia prasekolah. Disarankan agar meningkatkan penyuluhan mengenai kejadian perkembangan anak usia prasekolah dan diberikan pengarahan atau cara penanganan yang sesuai agar anak dapat membatasi kebiasaan bermain gadget
Kata Kunci : durasi, gadget, perkembangan anak
References
Gunawan, M. A. A. (2017). Hubungan Durasi Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Sosial Anak Prasekolah di TK PGRI 33 Sumurboto, Banyumanik. Hubungan Durasi Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Prasekoloah Di TK PGRI 33 Sumurboto, Banyunyamik, 1–127.Diakses tanggal 17 Juli 2017
Oktafia, D. P., Triana, N. Y., & Suryani, R. L. (2021). Durasi Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Pada Anak Usia Pra Sekolah: literatur review. Jurnal Kesehatan, 4(1), 31–47.Diakses tanggal 3 Maret 2019
Piningit, B. F. A. (2021). Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Psikososial Anak Prasekolah. http://repository.stikesdrsoebandi.ac.id/147/%0Ahttp://repository.stikesdrsoebandi.ac.id/147/1/17010137 Bella Feby Ayu Piningit.pdf diakses tanggal 21 September 2021
Putriana, K., Pratiwi, E. A., & Wasliah, I. (2019). Hubungan Durasi dan Intensitas Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Personal Sosial Anak Usia Prasekolah (3-5 Tahun) di TK Cendikia Desa Lingsar Tahun 2019. Jurnal Kesehatan Qamarul Huda, 7(2), 5–13.https://doi.org/10.37824/jkqh.v7i2.2019.112 diakses tanggal 2 Desember 2019
Salem, V. E. T., Fathimah, S., Sidik, S., & Hasrin, A. (2021). Sosialisasi Dampak Penggunaan Gadget Anak Usia Dini Pada Ibu-Ibu Di Jemaat Nafiri Malalayang 1 ( Tinjauan Sosiologi Keluarga). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(3), 561–566. https://doi.org/10.58258/jime.v7i3.2305 diakses 3 Agustus 2021
Sapardi, V. S. (2018). Hubungan penggunaan gadget dengan perkembangan anak usia prasekolah di PAUD/TK Islam Budi Mulia. MENARA Ilmu, 7(80), 137–145. https://www.jurnal.umsb.ac.id/index.php/menarailmu/article/view/634 diakses tanggal 8 Februari 2018