Hubungan Intensitas Bermain Game Online dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV & V di SDN Teluk Ambulu 1 Karawang Tahun 2015

  • Iin Ira Kartika
  • Kustiu wati
  • Tatu Qisthul Maulaa

Abstract

Abstrak


Jumlah pengguna internet di Indonesia pada tahun 2014 sudah menembus angka 88,1 juta jiwa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis hubungan intensitas bermain game online dengan prestasi belajar siswa kelas IV & V di SDN Teluk Ambulu 1 Karawang Tahun 2015. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan metode analitik Cross Sectional. Untuk pengujian hipotesis, penelitian ini menggunakan perhitungan statistik T-Test Tidak Berpasangan dikarenakan penelitian ini memiliki dua variabel yang berbeda, yaitu variabel kategorik dan numerik.


Hasil penelitian pada variabel intensitas bermain game online menunjukkan 17 orang siswa berada dalam kelompok dengan intensitas bermain tidak lama (70,8%), sedangkan yang berada pada kelompok dengan intensitas bermain lama berjumlah 7 orang siswa (29,2%). Sedangkan pada variabel prestasi belajar memiliki nilai rata – rata sebesar 1810,79. Berdasarkan perhitungan statistik, variabel intensitas bermain game online dengan prestasi belajar memiliki nilai signifikasi sebesar 0,405 > α = 0,05. Dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan nilai yang signifikan antara siswa yang bermain game online dengan intensitas lama dengan siswa yang bermain game online dengan intensitas tidak lama. Dengan kata lain, tidak ada hubungan antara intensitas bermain game online dengan prestasi belajar. Meski pun begitu, pengawasan dari pihak terdekat siswa (keluarga dan sekolah) tetap diperlukan guna mencegah segala kemungkinan yang dapat terjadi serta peneliti selanjutnya diharapkan dapat memfokuskan penelitian pada perbedaan dampak yang ditimbulkan antara anak yang bermain game online di rumah dengan anak yang bermain game online di warung internet (warnet).

Published
2015-12-31
How to Cite
KARTIKA, Iin Ira; WATI, Kustiu; MAULAA, Tatu Qisthul. Hubungan Intensitas Bermain Game Online dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV & V di SDN Teluk Ambulu 1 Karawang Tahun 2015. Jurnal Kesehatan Bhakti Husada, [S.l.], v. 1, n. 01, p. 1, dec. 2015. ISSN 2657-0149. Available at: <http://www.e-journal.akperakbid-bhaktihusada.ac.id/index.php/jurnal/article/view/31>. Date accessed: 14 may 2025.