Pengaruh Edukasi Kesehatan Tentang Tanda dan Gejala Terhadap Peningkatan Pengetahuan Pada Ibu dalam Menghadapi Menopause di Desa Hegarmanah Kecamatan Cikarang Timur Kabupaten Bekasi Tahun 2021

  • Rima Novianti STIKES Horizon Karawang
  • Iin Ira Kartika AKPER BHAKTI HUSADA CIKARANG
  • Anniesa Fitrianingrum STIKES Horizon Karawang

Abstract

Pendahuluan: Menopause merupakan suatu proses dalam siklus reproduksi alamiah yang dialami oleh setiap wanita dari masa produktif menujumasa non produktif yang disebabkan oleh berkurangnya hormon esterogen dan progesterone menuntut penyesuaian diri terhadap perubahan fisik dan gaya hidup yang dapat menyebabkan terjadinya masalah Kesehatan.Tujuan penelitian ini adalah  bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Edukasi Kesehatan Tentang Tanda dan Gejala Menopause Terhadap Peningkatan Pengetahuan Pada Ibu dalam Menghadapi Menopause di Desa Hegarmanah Kecamatan Cikarang Timur Kab. Bekasi Tahun 2021. Metode: Desain penelitian ini denganQuasi Eksperiment dan one group pretest-posttest.Varibel yang diteliti adalahSampel penelitian sebanyak 73 dengan kriteria inklusi ibu yang belum memasuki menopause, ibu yang sehat, bersedia menjadi responden, ibu yang dapat menulis dan membaca, hadir saat penelitian. Tehnik pengambilan sample menggunakanAccidental Sampling dengan menggunakan data primer.Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dengan menggunakan google formulir. Pengambailan data dengan cara melaulan uji pre test lalu dilakukan intervensi, kemudian dilakukan post test pada saat yang sama. Varibel pada penelitian ini adalah pre test dan post test pengetahuan ibu tentang tanda dan gejala menopause. Analisis statistik memnggunakan T-Test.Hasil: Dari hasil analisa  terdapat perbedaan rata-rata pengetahuan antara sebelum (pre-test) dan sesudah (post-test) dilakukan edukasi kesehatan sebesar 32.534 dan hasil bivariat menggunakan Uji T-Dependentdidapat P value 0,000 (<α 0,05).Kesimpulan: Dari hasil penelitan dapat disimpulkan ada pengaruh edukasi tentang tanda dan gejala menopause  terhadap peningkatan pengetahuan ibu dalam menghadapi menopause.

Published
2021-12-31
How to Cite
NOVIANTI, Rima; KARTIKA, Iin Ira; FITRIANINGRUM, Anniesa. Pengaruh Edukasi Kesehatan Tentang Tanda dan Gejala Terhadap Peningkatan Pengetahuan Pada Ibu dalam Menghadapi Menopause di Desa Hegarmanah Kecamatan Cikarang Timur Kabupaten Bekasi Tahun 2021. JURNAL KESEHATAN BHAKTI HUSADA, [S.l.], v. 7, n. 02, p. 18-29, dec. 2021. ISSN 2657-0149. Available at: <http://www.e-journal.akperakbid-bhaktihusada.ac.id/index.php/jurnal/article/view/115>. Date accessed: 19 may 2024. doi: https://doi.org/10.37848/jurnal.v7i02.115.